Wednesday, 3 August 2016

Ternyata Ini Lo yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Meninggal Dunia




Ini Lo yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Meninggal Dunia | Kematian merupakan suatu kepastian yang akan dialami oleh setiap makhluk yang bernyawa. Sehingga tidak ada yang bisa bersembunyi dari takdir yang telah ditetapkan oleh Allah SWT ini.

Menjelang ajalnya, manusia akan mengalami detik-detik sakaratul maut yang cukup menegangkan bahkan diantaranya menyakitkan. Disamping itu, setelah meninggal pun tubuh akan mengalami proses-proses biologis dengan penghancuran diri sendiri.

Dimulai dari membusuknya satu per satu semua organ tubuh yang memiliki fungsi metabolisme. Dan pada akhirnya hanya akan menyisakan tulang belulang. Lantas apa saja proses yang terjadi pada tubuh setelah meninggal dunia ? Simak penjelasannya berikut ini.

1. Suhu tubuh menurun
Proses pertama yang terjadi pada tubuh setelah meninggal dunia adalah menurunnya suhu tubuh. Sehingga ketika jantung manusia berhenti berdetak, maka suhu tubuh pun akan menurun biasanya dalam waktu 1 jam.

Kemudian dalam waktu bersamaan, darah tidak lagi mendapatkan pasokan oksigen sehingga membuatnya asam dikarenakan karbondioksida yang menumpuk. Selanjutnya sel dalam tubuh akan memberlah dan mengeluarkan enzim. Inilah proses permulaan hancurnya organ tubuh dari dalam.

2. Lebam biru keunguan
Proses kedua yang terjadi adalah munculnya warna lebam biru keunguan pada tubuh. Setelah seseorang meninggal, maka tubuhnya akan berubah warna menjadi pucat.

Hal ini dikarenakan aliran darah terhenti sehingga sel darah merah turun ke bagian tubuh yang dekat alas bawah. Sehingga kita akan mengalami lebam-lebam berwarna biru keunguna di dekat bagian tubuh yang paling dekat dengan lantai.

3. Tubuh menjadi kaku
Orang-orang yang meninggal tubuhnya akan menjadi kaku sekitar 3-4 setelah dicabut nyawanya. Akan mencapai puncaknya setelah 12 jam dan berhenti setelah 48 jam. Hal ini disebabkan senyawa kimia Adenosine Triphospate (ATP) yang mengatur kebutuhan kalsium di dalam tubuh berhenti.

4. Tubuh akan mengeluarkan kotorannya
Meski telah meninggal, ternyata tubuh manusia masih tetap bisa mengeluarkan kotoran. Terutama setelah 48 jam, dimana seluruh otot tubuh akan berelaksasi. Begitu pula dengan otot yang mengelola kandung kemih dan usus. Sehingga ketika otot ini mulai longgar, maka dengan sendirinya sisa kotoran manusia akan keluar.

5. Proses pembusukan dimulai
Sudah menjadi ketentuan Tuhan bila tubuh manusia akan membusuk setelah kematian. Dimulai dari enzim yang berada dalam pankreas yang akan menghabiskan semua organ dalam tubuh.

Selanjutnya organ dalam tubuh akan mencerna diri sendiri dibantu mikroba. Sehingga perut berubah warna menjadi hijau gelap karena jutaan bakteri mulai memakan bagian tubuh. Dan proses inilah yang menyebabkan tubuh mayat berbau busuk.

6. Dalam beberapa minggu
Dalam beberapa minggu, organ tubuh yang kita rawat dan banggakan sedemikian rupa akan mulai melepaskan diri. Bahkan organ-organ tubuh seperti rambut, kuku dan gigi akan dengan mudahnya terlepas.

7. Dalam satu bulan
Dalam hitungan bulan, kulit tubuh manusia akan mulai mencair. Bahkan setahun setelahnya tidak ada lagi yang tersisa pada tubuh terkecuali tulang belulang.

Demikanlah hal yang terjadi pada tubuh ketika seseorang meninggal dunia. Kematian memang merupakan suatu kepastian. Namun alangkah lebih baik bila kita mampu mempersiapkan diri menghadapi kematian dalam kondisi yang baik. Sehingga kelak termasuk dalam golongan orang-orang yang beruntung. Amin.

Sumber : ( http://palingyunik.blogspot.co.id )
PENULIS : GUSNAWATI JAMARIS


Ternyata Ini Lo yang Terjadi Pada Tubuh Setelah Meninggal Dunia Rating: 4.5 Diposkan Oleh: Siti Masitoh

0 comments:

Post a Comment